Selasa, 05 April 2011

9 Nama Anak Setan

Al Faqih Warsono


Umar bin Khaththab RA. berkata : anak keturunan setan yang dikenal dengan sebutan “azazil ( عزازيل) itu ada sembilan, (Nawawi: 57-58), yaitu:

1. Zalitun,
Setan Zalitun bertugas menggoda penghuni pasar, yakni bertugas sebagai shahibul aswaq ( صاحب الأسواق ) dalam transaksi jual-beli dengan menyuruh untuk melakukan kedustaan, penipuan, memuji-muji barang dagangan, mencurangi timbangan/takaran, dan bersumpah palsu, mencerai beraikan orang (suami) dengan istrinya, memperlihatkan orang aib istrinya.

2. Watsin,
Setan Watsin bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah, yakni bertugas sebagai shahibul mushibat ( صاحب المصيبات) agar tidak bersabar sehingga yang bersangkutan berteriak histeris, menampar-nampar pipi, dan sebagainya.

3. Laqus / Laqis,
Setan Laqus bertugas menggoda orang untuk menyembah api, yakni bertugas sebagai shahibul majus ( صاحب المجوس ). Bersama dengan setan walhan bertugas juga mengganggu orang dalam bersuci dan shalat. Mereka membuat waswas di dalamnya.

4. A’wan,
Setan A’wan bertugas menggoda para penguasa, yakni bertugas sebagai shahibus sulthan (صاحب السلطان ) untuk bertindak zhalim.



5. Haffaf,
Setan Haffaf bertugas membujuk dan menggoda orang untuk meneguk minuman keras, yakni bertugas sebagai shahibus syarab[almuskirat] ( صاحب الشراب المسكرات ).

6. Murrah,
Setan Murrah bertugas menggoda orang agar asyik bermain seruling, yakni bertugas sebagai shahibul mazamir ( صاحب المزامير ) atau alat musik berikut nyanyiannya.

7. Masuth,
Setan Masuth bertugas menyebarkan berita-berita dusta lewat lisan manusia, yakni bertugas sebagai shahibul akhbar alkadzibah (صاحب الأخبار الكاذبة) sehingga tidak bisa diketemukan berita yang sebenarnya.

8. Dasim,
Setan Dassim berada di dalam rumah, yakni bertugas sebagai shahibul buyut (صاحب البيوت). Jika seseorang tidak mengucapkan salam sewaktu memasuki rumahnya dan tidak pernah menyebut nama Allah di dalamnya, maka setan tersebut akan menimbulkan perselisihan sehingga akan terjadi thalaq, khulu’, dan pemukulan. Singkatnya, setan ini selalu ingin menciptakan ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Setan dasim juga disebut setan tha’am ( شيطان الطعام ). Setan Dasim juga bertugas menggoda manusia sewaktu makan. Dia akan ikut makan jika seseorang tidak menyebut nama Allah. Juga akan ikut masuk rumah jika sewaktu memasuki rumahnya, seseorang tidak menyebut nama Allah. Setan ini juga akan menyelinap dalam lipatan atau saku pakaiannya jika sewaktu memakainya seseorang tidak menyebut nama Allah.


9. Walhan.”
Setan Walhan bertugas menggoda dan mengacaukan/membuat rasa waswas manusia dalam berwudhu’ (الموسوس في الطهارة ), shalat (الموسوس في الصلاة), dan dalam ibadah-ibadah yang lain.
Setan Walhan juga bertugas menggoda manusia sewaktu bersuci agar menghambur-hamburkan air. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam riwayat dari ‘Ali r.a., dari Nabi SAW, beliau bersabda : ”Sewaktu seseorang berwudhu’, ada setan yang selalu menggodanya. Setan itu bernama Walhan. Karenanya, selalu berhati-hatilah kalian atau waspadalah kalian terhadapnya.”







Dalam riwayat lain disebutkan bahwa :
a. Setan yang bertugas menggoda penghuni pasar, namanya bukan Zalitun, melainkan Zallanbur. Akan tetapi, dalam kamus disebutkan bahwa tugas setan Zallanbur adalah menceraikan antara seorang suami dan istrinya.
b. Setan yang bertugas menggoda manusia yang tertimpa musibah agar tidak bersabar namanya bukan Watsin, melainkan Tabr.
c. Setan Laqis adalah nama lain dari setan Laqus. Ada yang mengatakan bahwa Setan Laqis dan Walhan bertugas menggoda manusia ketika bersuci dan mengerjakan shalat. Namun ada juga yang mengatakan bahwa tugas ketiga setan (Laqus, Laqis, Walhan) ini digantikan oleh ketiga setan berikut, yaitu A’war, yang bertugas menggoda manusia agar melakukan zina; Wasnan, yang bertugas menggoda sewaktu tidur ( شَيْطَانُ النَّوْمِ ) agar mereka berat untuk bangun dan malas untuk mengerjakan shalat atau amal shahih lainnya; dan Abyadh yang bertugas menggoda para nabi dan para wali Allah.
d. Setan yang bertugas menggoda manusia supaya menyebarkan berita dusta namanya bukan Masuth, melainkan Mathun.
e. Setan Khanzab adalah setan yang selalu menggoda manusia saat mengerjakan shalat.


Sumber :
Syarah Nasha-ihul Ibad, Muhammad Nawawi bin Umar al-Jawi. Maktabah Al-‘Alawiyyah, Semarang, hal. 57-58.

1 komentar:

You can give only good comments to what interest you