Selasa, 05 April 2011

7 NAMA PINTU NERAKA

Al Faqih Warsono

Pintu-pintu neraka berjumlah 7 (tujuh) pintu. Setiap pintu terdapat satu bagian yang terbagi bagi laki-laki dan perempuan. Diriwayatkan bahwa Rasulullah SAW penah bertanya kepada malaikat Jibril AS “apakah pintu neraka itu sama seperti pintu rumah kita?”. Jibril menjawab, ”Tidak. Akan tetapi pintu-pintu neraka itu terbuka sebagian pintunya yang paling bawah dari pintu-pintu yang lain. Dari satu pintu ke pintu yang lain jaraknya sama dengan berjalan sejauh 700 (tujuh ratus) tahun. Setiap pintunya lebih panas 70 kali lipat dari pada pintu yang mengiringinya.” Rasul bertanya lagi: “Siapa yang menempati pintu-pintu ini?” malaikat Jibril menjawab:



Kemudian malaikat Jibril diam. Nabi bertanya: “Wahai Jibril, mengapa engkau tidak memberitahuku tentang orang yang menempati pintu neraka yang ketujuh?” Jibril berkata: “Apakah engkau menanyakan aku (ingin tahu) tentang pintu ketujuh?” Nabi menjawab: “ Ya betul.” Maka malaikat Jibril memberi tahu:



(Ya Muhammad, ahlul kabair dari umatmu yang mati sebelum mereka bertaubat)

Maka Nabi SAW jatuh pingsan. Ketika beliau siuman, Nabi SAW bersabda: “Ya Jibril, amat besar musibahku, dan teramat sangat rasa takutku akan umatku yang memasuki neraka itu.” Jibril berkata : “betul, ahlul kabair umatmu akan masuk kedalamnya.” Rasulullah SAW menangis, maka Jibrilpun menangis. Nabi bersabda: “Ya Jibril, tidak usahlah kau menangis, sedang engkau adalah Ruhul amin.” Jibril berkata: “aku takut manakala aku dicoba seperti dicobakan kepada malaikat Harut dan malaikat Marut, maka itu yang membuat aku menangis. Lalu Allah menurunkan wahyu, “Ya Jibril dan ya Muhammad,



(Aku telah menjauhkan kamu berdua dari neraka, tetapi janganlah kamu berdua membuat aman dari siksaKu.)

Dari keteranga di atas, diketahui bahwa pintu-pintu neraka berikut peruntukkannya adalah sebagai berikut:

1. al Hawiyah
Pintu neraka ini adalah pintu yang paling bawah dari pintu-pintu neraka lainnya. Pintu ini disediakan bagi : (1) orang munafiq, (2) orang kafir dari ashabul ma-idah, (3) keluarga Fir’aun.
Dalam Al-Quran, disebutkan sebagai orang yang ringan timbangan kebaikannya, karena orang munafiq itu amalnya habis oleh perbuatannya sendiri.

“Dan adapun orang-orang yang ringan timbangan (kebaikan) nya, maka tempat kembalinya adalah neraka Hawiyah.” QS Al Qari’ah [101]: 8-9.

2. al Jahim
Pintu neraka ini disediakan bagi orang-orang musyrik, yang menyekutukan Allah dengan makhluk, yang mengakui dan meminta bantuan kekuatan mahluk dan menafikan Qudrat dan iradat Allah SWT, yang mempercayai kebenaran dan kehebatan dukun nasib dan sakti. Di samping itu mereka juga masuk Jahannam.

“dan sesungguhnya orang-orang yang durhaka (berdosa) benar-benar berada dalam neraka Jahim . Mereka masuk ke dalamnya pada hari pembalasan. Dan mereka sekali-kali tidak dapat keluar dari neraka itu.” QS Al Infithor [82]: 14-16

3. Saqor
Pintu neraka ini disediakan bagi orang-orang Shabi-un (penyembah berhala/ patung), memuja-muja dewa berhala, mendustakan Al Quran, tidak mengerjakan shalat, tidak memberi makan orang miskin, menggunjing, mendustakan hari kiamat.

QS Muddatsir[74]: 12-16, 26, 42-47, Allah berfirman :
Dan Aku jadikan baginya harta benda yang banyak, dan anak-anak yang selalu bersama dia, dan Ku lapangkan baginya (rezki dan kekuasaan) dengan selapang-lapangnya, kemudian dia ingin sekali supaya Aku menambahnya. Sekali-kali tidak (akan Aku tambah), karena sesungguhnya dia menentang ayat-ayat Kami (Al Qur'an).
Aku akan memasukkannya ke dalam (neraka) Saqar.
"Apakah yang memasukkan kamu ke dalam Saqar (neraka)?" Mereka menjawab: "Kami dahulu tidak termasuk orang-orang yang mengerjakan shalat, dan kami tidak (pula) memberi makan orang miskin, dan adalah kami membicarakan yang bathil, bersama dengan orang-orang yang membicarakannya, dan adalah kami mendustakan hari pembalasan, hingga datang kepada kami kematian".
4. Ladho
Pintu neraka ini disediakan bagi iblis dan orang-orang yang mengikutinya (mengikuti langkah-langkahnya), dan orang majusi (penyembah api).

QS Al Lail [92]: 14-16, Allah mengingatkan :
Maka Kami memperingatkan kamu dengan neraka Ladho (yang menyala-nyala). Tidak ada yang masuk ke dalamnya kecuali orang yang paling celaka, yang mendustakan (kebenaran) dan berpaling (dari iman).

5. Huthomah
Pintu neraka ini disediakan bagi orang-orang Yahudi (yang menganggap Uzair itu adalah anak Allah). Sehingga dalam Islam mereka diangap dimurkai oleh Allah SWT. Pintu ini juga disediakan bagi : pengumpat dan pencela, sebagaimana Allah berfirman dalam QS Al Humazah [104]: 1- 4 :

Kecelakaanlah bagi setiap pengumpat lagi pencela, yang mengumpulkan harta dan menghitung-hitungnya, dia mengira bahwa hartanya itu dapat mengekalkannya, sekali-kali tidak! Sesungguhnya dia benar-benar akan dilemparkan ke dalam Huthamah.
6. Sa’ir
Pintu neraka ini disediakan bagi orang-orang Nashrani (yang menganggap Isa itu adalah anak Allah). Sehingga dalam Islam mereka itu adalah dianggap tersesat dari jalan Allah.
Sebagaimana Allah peringatkan dalam QS Al Mulk [67]: 8-10 :
hampir-hampir (neraka) itu terpecah-pecah lantaran marah. Setiap kali dilemparkan ke dalamnya sekumpulan (orang-orang kafir). Penjaga-penjaga (neraka itu) bertanya kepada mereka: "Apakah belum pernah datang kepada kamu (di dunia) seorang pemberi peringatan?" Mereka menjawab: "Benar ada, sesungguhnya telah datang kepada kami seorang pemberi peringatan, maka kami mendustakan (nya) dan kami katakan: "Allah tidak menurunkan sesuatupun, kamu tidak lain hanyalah di dalam kesesatan yang besar". Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni neraka Sa’ir (yang menyala-nyala)".

7. Jahannam
Pintu neraka ini disediakan bagi orang-orang ahlul kaba-ir (yang suka melakukan dosa-dosa besar) yang buta mata hatinya dari umat Nabi Muhammad SAW. (keterangan tentang dosa besar, silahkan baca di postingan Dosa-dosa Besar), juga pintu ini bagi orang kafir,

QS Al Bayinah [98]:6 menjelaskan bahwa :
Sesungguhnya orang-orang kafir yakni ahli Kitab dan orang-orang musyrik (akan masuk) ke neraka Jahannam; mereka kekal di dalamnya. Mereka itu adalah seburuk-buruk makhluk.

Juga QS Al Araf [7]:179 menjelaskan :
Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakannya untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Mereka itulah orang-orang yang lalai.

Demikian pintu-pintu neraka yang perlu kita ketahui dan berusaha untuk menjauhinya dan memohon pertolongan Allah agar dapat/mampu menjauhinya. Amin.

Wallahu a’lam

2 komentar:

  1. pak tugas malaikat harut dan manut apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tugasnya adalah : melarang manusia mempelajari sihir atau mengajarkan kepada manusia tentang peringatan terhadap sihir bukan mengajarkan untuk mengajak mereka melakukan sihir, karena sihir adalah perbuatan kafir dan syirik.

      Berdasarkan QS Al Baqarah : 102, " ...Mereka(ahli sihir) mengajarkan sihir kepada manusia dan apa yang diturunkan kepada dua orang malaikat di negeri Babil yaitu Harut dan Marut, sedang keduanya tidak mengajarkan (sesuatu) kepada seorangpun sebelum mengatakan: "Sesungguhnya kami hanya cobaan (bagimu), sebab itu janganlah kamu kafir. ...".

      Diriwayatkan dari Ali bin Abi Thalib bahwa yang mengatakan bahwa kedua malaikat itu mengajarkan kepada manusia tentang peringatan terhadap sihir bukan mengajarkan untuk mengajak mereka melakukan sihir. Az Zajjaj mengatakan bahwa perkataan itu adalah juga pendapat kebanyakan ahli bahasa. Artinya bahwa pengajaran kedua malaikat itu kepada manusia adalah berupa larangan, keduanya mengatakan kepada mereka, "Janganlah kalian melakukan ini (sihir) dan janganlah kalian diperdaya dengannya sehingga kalian memisahkan seorang suami dari isterinya dan apa yang diturunkan kepada mereka berdua adalah berupa larangan.

      Hapus

You can give only good comments to what interest you