Minggu, 27 Maret 2011

HIKMAH SHALAT MENURUT AL-QURAN

Alfaqih Warsono



Shalat yang dilakukan oleh manusia sebagai hamba terhadap Tuhannya yang merupakan perbuatan hasil sebab akibat atas diciptakan dirinya. Shalat, baik fardu maupun sunnah, disamping sebagai bentuk pengabdian kepadaNya, ternyata memiliki sejumlah hikmah bagi manusia itu sendiri. Diantara hikmah sholat menurut Al Quran adalah :

1.Shalat adalah merupakan sarana untuk menghubungkan diri dengan Allah



Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku. (QS Thaha : 14)

2. Shalat adalah merupakan sarana penolong bagi dirinya bersama dengan kesabaran.



Hai orang-orang yang beriman, mintalah pertolongan (kepada Allah) dengan sabar dan (mengerjakan) shalat, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.(QS Al Baqarah: 153)

3. Shalat adalah merupakan sarana pencegah dari perbiatan keji dan mungkar.



Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan. (SQ Al Ankabut: 045)



yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, (QS Al Ma’arij: 023)

4. Shalat adalah merupakan sarana berdisiplin diri (terhadap waktu)



Dan dirikanlah sembahyang itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. (QS Hud: 114)

5. Shalat adalah merupakan sarana untuk memupuk rasa persamaan, persatuan, dan persaudaraan.



Dan apabila kamu berada di tengah-tengah mereka (sahabatmu) lalu kamu hendak mendirikan shalat bersama-sama mereka, maka hendaklah segolongan dari mereka berdiri (shalat) besertamu dan menyandang senjata, kemudian apabila mereka (yang shalat besertamu) sujud (telah menyempurnakan seraka`at), maka hendaklah mereka pindah dari belakangmu (untuk menghadapi musuh) dan hendaklah datang golongan yang kedua yang belum bersembahyang, lalu bersembahyanglah mereka denganmu, dan hendaklah mereka bersiap siaga dan menyandang senjata. Orang-orang kafir ingin supaya kamu lengah terhadap senjatamu dan harta bendamu, lalu mereka menyerbu kamu dengan sekaligus. Dan tidak ada dosa atasmu meletakkan senjata-senjatamu, jika kamu mendapat sesuatu kesusahan karena hujan atau karena kamu memang sakit; dan siap-siagalah kamu. Sesungguhnya Allah telah menyediakan azab yang menghinakan bagi orang-orang kafir itu. (QS An Nisa; 102)

6. Shalat adalah merupakan sarana untuk tetap menjaga kebersihan diri.



Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki, dan jika kamu junub maka mandilah, dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh perempuan, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan tanah yang baik (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak hendak menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan ni`mat-Nya bagimu, supaya kamu bersyukur. (QS Al Maidah: 006)

Di samping hikmah di atas, tentu masih terdapat hikmah-hikmah lain sebagaimana dijelaskan oleh As Sunah dan analogi terhadap Al Quran dan As Sunah tersebut. Wallahu a’lam.

1 komentar:

  1. Setiap perintah ibadah
    memiliki nikmat dan pahala yang begitu besar, yang telah dijanjikan
    oleh Allah swt. Setiap perintah ibadah merupakan ladang nikmat dan
    pahala bagi umat manusia. Jangankan pada ibadah yang wajib, ibadah yang
    sunnah pun banyak sekali yang di dalamnya telah Allah swt tempatkan
    nikmat dan pahala yang sangat besar, yang dapat dipetik hanya oleh
    orang-orang yang taat dan ikhlas menjalankan ibadah tersebut . maka sempatkanlah mengerjakan shalat sunnah karena manfaat nya berlimpah .

    BalasHapus

You can give only good comments to what interest you